Wow, Bupati Bogor Menangkan Lelang Kopi, Harganya Rp 2 Juta Per Kilo...

Wow, Bupati Bogor Menangkan Lelang Kopi, Harganya Rp 2 Juta Per Kilo !

134

Petani kopi asal Kabupaten Bogor kaget setelah biji kopi Arabika yang dibawanya berhasil dilelang seharga Rp 2 juta perkilogram.

Lelang kopi khas Bogor ini digelar dalam Festival Kopi Bogor yang diselenggarakan oleh Pemkab Bogor di Cibinong City Mall pada Sabtu (6/8/2016).

Kopi termahal ini berasal dari kelompok Tani Mekarwangi Jaya yang berlokasi di Desa Sukawangi, Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Pemenang lelang adalah Bupati Bogor, Hj Nurhayanti bersama Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bogor Ade Munawaroh serta sejumlah pengusaha.

Budi Irawan Ketua Kelompok Tani Mekarwangijaya mengaku kaget setelah biji kopi arabika yang berasal dari daerahnya itu sukses terjual dengan harga sangat malah.

“Saya terharu dan bangga, soalnya engga nyangka juga bisa laku dilelang dengan harga Rp 2 juta sekilo. Biasanya cuma Rp 45 ribu sekilo,” ujarnya kepada TribunnewsBogor.com pada Sabtu (6/8/2016).

Budi menjelaskan, kopi dari kelompok taninya itu memang dikenal memiliki rasa yang sangat unik.

Sebab, buah kopi yang sudah merah itu masih dioleh secara manual dari mulai penjemuran, mengupas hingga menumbuknya menjadi kopi siap saji.

“Kelebihan kopi kami itu dirasa, kalau kata penikmat kopi sih ada rasa manis meskipun belum dicampur gula,” tuturnya.

Kendati demikian, para petani kopi ini masih kerepotan dalam pengolahan buah kopi pasca dilakukan panen hingga pemasaran kopi khas bogor ini agar dikenal oleh masyarakat luas.

“Memang masih belum banyak yang tahu, kami berharap bisa mendapatkan bantuan dari pemerintah untul memproduksi dalam skala besar dan memasakannya ke seluruh masyarakat di Indonesia,” kata dia.


TribunnewsBogor.com/Damanhuri

Sementara itu, Bupati Bogor, Nurhayanti mengaku bangga dengan hasil pertanian kopi yang berasal dari daerahnya itu.

“Ini menjadi suatu kebaggaan bagi Kabupaten Bogor, mudahan ini menjadi salah satu produk unggulan kopi di Kabupaten Bogor,” ujarnya saat menghadiri Festival Kopi Bogor di Cibinong pada Sabtu (6/8/2016).

Nurhayanti berjanji akan terus meningkatkan kualitas maupun kuantitas kopi dari tanah bumi tegar beriman sehingga bisa bersaing dengan kopi yang berasal dari daerah lain.

“Kalau sekarang pemerintah baru melirik jagung dna kedelai, semoga kedepan kopi juga bisa lebih dikembangkan menjadi produk unggulan yang membanggakan,” tukasnya.

Dilokasi yang sama, Kepala Dinas Perkebunan Jawa Barat, Aried Santosa mengatakan jika harga kopi bogor mecetak rekor kopi termahal di Indonesia.

“Terakhir itu rekor tertinggi harganya sekitar Rp 540 ribu, di Bogor sangat luar biasa harganya sampai Rp 2 juta sekilo,” kata dia saat talk show dalam Festival Kopi Bogor di Cibinong City Mall.(*)

Comment

SHARE

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY