Balita Penderita Gizi Buruk di Kalteng Meninggal Dunia

Balita Penderita Gizi Buruk di Kalteng Meninggal Dunia

301

Nazwa, bayi berusia 4 tahun diduga penderita gizi buruk akhirnya meninggal dunia Minggu (7/8/2016) malam. Sebelumnya Nazwa sempat dirawat di RSUD Jaraga Sasameh Buntok, Barito Selatan (Barsel), Kalimantan Tengah selama dua pekan.

Meninggalnya anak bungsu tujuh bersaudara dari pasangan Ardiansyah (40) dan Norhayat (35), terjadi saat perjalanan pulang, tepatnya di Desa Telang Baru, Kabupaten Barito Timur (Bartim).

“Iya (meninggal) dalam perjalanan pulang ke Desa Telang Baru, Bartim,” kata kepala Dinas Kesehatan Barsel, Daryomo Sukiastono melalui Kasi Kesehatan Dasar, Kalam Jihad, di kantornya, Senin (8/8/2016).

Pihak rumah sakit, sebelumnya sudah meminta agar pasien Nazwa tidak dibawa pulang, karena kondisinya belum begitu membaik. Akan tetapi, pihak keluarga memaksa.

“Kami bersama dokter spesialis anak sudah memberikan pengertian agar Nazwa tetap dirawat, namun keluarganya tetap memaksa dan bersedia membuat surat pernyataan menolak untuk dirawat,” bebernya.

Padahal lanjut dia, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Barsel sudah memfasilitasi dengan memberikan bantuan, baik dari pemerintah Desa Mangkatir, Kecamatan Dusun Hilir.

Untuk biaya pengobatan dan perawatan selama perawatan digratiskan oleh pemerintah. Termasuk biaya makan keluarga yang menunggu di rumah sakit. Namun apa daya pihak keluarga tetap memaksa untuk membawanya pulang.

Selain itu, lanjut dia, administrasi BPJS sudah dibuat oleh pemkab dan rencananya Nazwa akan dirujuk ke RSUD Doris Sylvanus Palangka Raya pada Senin (8/8/2016).

Comment

SHARE

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY